Selasa, 19 April 2016

Psikologi Komunikasi ?

Nama               : Arif Mansyah
NIM                : 15730019
Tugas               : Resume Buku Psikologi Komunikasi karangan Drs.Jalaludin Rakhmat,M.Sc
Bab / Hal         : 1 ( Satu ) / 1 – 12
Judul               : Apakah Psikologi Komunikasi itu ?

            Ahli – ahli ilmu sosial telah berkali – kali mengungkapkan bahwa kurangnya komunikasi akan menghambat perkembangan kepribadian.Begitu pula komunikasi sangat erat kaitanya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia.Tidak mengherankan,bahwa komunikasi selalu menarik perhatian peneliti psikologi.
            Dilihat dari sejarah perkembanganya,komunikasi memang dibesarkan oleh para peneliti Psikologi.Tiga dari empat orang Bapak Ilmu Komunikasi yang disebut Wilbur Schramm ( 1980:73-82 ) adalah sarjana psikologi.Kurt Levin adalah ahli psikologi dinamika kelompok.Paul Lazarsfeld yang juga ahli psikologi yang banyak dipengaruhi Sigmeund Freud.Menarik sekali bahwa semua aliran besar dalam psikologi di wakili oleh para peletak dasar Ilmu Komunikasi.
            Walaupun demikian,Komunikasi bukan subdisiplin dari psikologi.Sebagai ilmu,komunikasi menembus banyak disiplin ilmu.Bab ini akan menjelaskan pandangan psikologi terhadap ilmu komunikasi
1.      Ruang Lingkup Psikologi Komunikasi
Hovland,Jains,dan Kelly,semuanya psikolog,mendefinisikan komunikasi sebagai “ The process by which an individual ( the communicator )transmits stimuli ( usually verbal ) to modify the behavior of other individuals ( the audience ) “ ( 1953:12).Dance mengartikan komunikasi kedalaman kerangka psikolgi behaviorisme sebagai usaha “ menimbulkan respons melalui lambang – lambang verbal “
Psikologi menyebut komunikasi pada penyampaian energi dari alat – alat indera ke otak,pada peristiwa penerimaan dan pengelolahan informasi dan proses saling mempengaruhi satu sama lain.Akan tetapi ,psikologi tidak hanya mengulas komunikasi diantara neuron.Psikologi mencoba menganalisa seluruh komponen yang terlibat dalam proses komunikasi.Psikologi juga tertarik pada komunikasi diantara individu bagaiamana pesan dari seorang individu menjadai stimulus yang menimbulkan respon pada individu yang lain.Psikologi bahkan meneliti lambang – lambang yang di sampaikan.Penelitian ini melahirkanilmu blasteran antara psikologi dan linguistik.Ketika komunikasi dikenal sebagai proses memengaruhi orang lain,disiplin – disiplin yang lain menambah perhatian yang sama besarnya seperti psikologi.Bila berbagai disiplin mempelajari komunikasi,apa yang membedakan pendekatan psikologis dengan pendekatan yang lain ? Dengan kata lain,adakah ciri khas pendekatan psikologis sehingga kata “ Psikologi Komunikasi “ dapat di pertanggung jawabkan.
2.      Ciri Pendekatan Psikologi Komunikasi
Komunikasi begitu esensial dalam masyarakat sehingga setiap orang belajar tentang manusia mesti sekali waktu menolehnya.Komunikasi telah ditelaah dari berbagai segi ( Budd and Rubben,1972 ).
Fisher menyebut empat ciri pendekatan psikologi komunikasi :
a.       penerimaan stimuli secara indrawi
b.      proses yang mengantarai stimulus dan respon
c.       prediksi respon
d.      peneguhan respon.
Psikologi melihat komunikasi dimulai dengan dikenainya masukan pada organ – organ pengindaraan kita berupa data.Stimuli berbentuk orang,pesan,suara,warna pokonya segala hal yang mempengaruhi kita.
Psikologi komunikasi juga melihat bagaimana respons yang terjadi pada masa lalu dapat meramalkan respon yang akan datang.Peneguhan adalah respon lingkungan atau orang lain pada respon organisme yang asli.Walaupun tampak kental sekali warna behaviorisme pada uraian Fisher seperti yang diakuinya sendiri,ia telah menunjukan keunikan pendekatan psikologi.
Dengan demikian,psikologi komunikasi adalah ilmu yang berusaha menguraikan,meramalkan,dan mengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi.
3.      Penggunaan Psikologi Komuniksi
Bagaimana tanda – tanda komunikasi yang efektif ? Komunikasi yang efektif menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss ada 5 hal :
a.       Pengertian
Artinya penerimaan yang cermat dari isi stimulus seperti yang dimaksud oleh komunikator.Kegagalan menerima isi pesan secara cermat di sebut kegagalan komunikasi primer.Untuk menghindari hal itu kita perlu memahami paling tidak psikologi pesan dan
b.      Kesenangan
Tidak semua komunikasi diajukan untuk menyampaikan informasi dan membentuk pengertian.Komunikasi itu hanya dilakukan untuk mengupayakan agar orang lain merasa apa yang di sebut analisis transaksional “ Saya oke -  kamu oke “Komunikasi ini lazim disebut komunikasi fatis yang dimaksudkan untuk menimbulkan kesenangan.
c.       Memengaruhi Sikap
Paling sering kita melakukan komunikasi untuk memengaruhi orang lain .Khatib ingin membangkitkan sikap beragama dan mendorong jamaah untuk beribadah.itu adalah komunikasi persuasif.Komunikasi persuasif itu memerlukan pemahaman tentang faktor – faktor pada diri komunikator dan pesan yang menimbulkan efek pada komunikate.
d.      Hubungan Sosial yang baik
Manusia adalah maklhuk sosial yang tidak tahan hidup sendiri.Kita ingin berhubungan dengan orang lain secara positif.Kebutuhan sosial adalah kebutuhan untuk menumbuhkan dan mempertahankan hubungan yang memusatkan dengan orang lain dalam hal interaksi dan asosiasi,pengendalian dan kekuasaan,dan cinta sebagai kasih sayang.
e.       Tindakan

Menimbulkan tindakan nyata memang indikator efektivitas yang paling penting.Karena untuk menimbulkan tindakan,kita harus berhasil lebih dahulu menanamkan pengertian dan membentuk dan mengubah sikap atau menumbuhkan hubungan yang baik.Tindakan adalah hasil kumulatif seluruh proses komunikasi.Ini bukan saja memerlukan pemahaman tentnag seluruh mekanisme psikologi yang terlibat dalam proses komunikasi,tetapi juga faktor yang mempengaruhi perilaku manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar