Nama :
Arif Mansyah
NIM :
15730019
Tugas : Resume Buku Psikologi Komunikasi karangan
Drs.Jalaludin Rakhmat,M.Sc
Bab / Hal : 1 ( Satu ) / 1 – 12
Judul : Apakah Psikologi Komunikasi itu ?
Ahli – ahli ilmu sosial telah
berkali – kali mengungkapkan bahwa kurangnya komunikasi akan menghambat
perkembangan kepribadian.Begitu pula komunikasi sangat erat kaitanya dengan
perilaku dan pengalaman kesadaran manusia.Tidak mengherankan,bahwa komunikasi
selalu menarik perhatian peneliti psikologi.
Dilihat dari sejarah
perkembanganya,komunikasi memang dibesarkan oleh para peneliti Psikologi.Tiga
dari empat orang Bapak Ilmu Komunikasi yang disebut Wilbur Schramm ( 1980:73-82
) adalah sarjana psikologi.Kurt Levin adalah ahli psikologi dinamika
kelompok.Paul Lazarsfeld yang juga ahli psikologi yang banyak
dipengaruhi Sigmeund Freud.Menarik sekali bahwa semua aliran besar dalam
psikologi di wakili oleh para peletak dasar Ilmu Komunikasi.
Walaupun demikian,Komunikasi bukan
subdisiplin dari psikologi.Sebagai ilmu,komunikasi menembus banyak disiplin
ilmu.Bab ini akan menjelaskan pandangan psikologi terhadap ilmu komunikasi
1.
Ruang
Lingkup Psikologi Komunikasi
Hovland,Jains,dan Kelly,semuanya psikolog,mendefinisikan komunikasi
sebagai “ The process by which an individual ( the communicator )transmits
stimuli ( usually verbal ) to modify the behavior of other individuals ( the
audience ) “ ( 1953:12).Dance mengartikan komunikasi kedalaman kerangka
psikolgi behaviorisme sebagai usaha “ menimbulkan respons melalui lambang – lambang
verbal “
Psikologi menyebut komunikasi pada penyampaian energi dari alat –
alat indera ke otak,pada peristiwa penerimaan dan pengelolahan informasi dan
proses saling mempengaruhi satu sama lain.Akan tetapi ,psikologi tidak hanya
mengulas komunikasi diantara neuron.Psikologi mencoba menganalisa seluruh
komponen yang terlibat dalam proses komunikasi.Psikologi juga tertarik pada
komunikasi diantara individu bagaiamana pesan dari seorang individu menjadai
stimulus yang menimbulkan respon pada individu yang lain.Psikologi bahkan
meneliti lambang – lambang yang di sampaikan.Penelitian ini melahirkanilmu
blasteran antara psikologi dan linguistik.Ketika komunikasi dikenal sebagai
proses memengaruhi orang lain,disiplin – disiplin yang lain menambah perhatian
yang sama besarnya seperti psikologi.Bila berbagai disiplin mempelajari
komunikasi,apa yang membedakan pendekatan psikologis dengan pendekatan yang
lain ? Dengan kata lain,adakah ciri khas pendekatan psikologis sehingga kata “
Psikologi Komunikasi “ dapat di pertanggung jawabkan.
2.
Ciri
Pendekatan Psikologi Komunikasi
Komunikasi begitu esensial dalam masyarakat sehingga setiap orang
belajar tentang manusia mesti sekali waktu menolehnya.Komunikasi telah ditelaah
dari berbagai segi ( Budd and Rubben,1972 ).
Fisher menyebut empat ciri pendekatan psikologi komunikasi :
a.
penerimaan
stimuli secara indrawi
b.
proses
yang mengantarai stimulus dan respon
c.
prediksi
respon
d.
peneguhan
respon.
Psikologi melihat komunikasi dimulai dengan dikenainya masukan pada
organ – organ pengindaraan kita berupa data.Stimuli berbentuk
orang,pesan,suara,warna pokonya segala hal yang mempengaruhi kita.
Psikologi komunikasi juga melihat bagaimana respons yang terjadi
pada masa lalu dapat meramalkan respon yang akan datang.Peneguhan adalah respon
lingkungan atau orang lain pada respon organisme yang asli.Walaupun tampak
kental sekali warna behaviorisme pada uraian Fisher seperti yang diakuinya
sendiri,ia telah menunjukan keunikan pendekatan psikologi.
Dengan demikian,psikologi komunikasi adalah ilmu yang berusaha
menguraikan,meramalkan,dan mengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam
komunikasi.
3.
Penggunaan
Psikologi Komuniksi
Bagaimana tanda – tanda komunikasi yang efektif ? Komunikasi yang
efektif menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss ada 5 hal :
a.
Pengertian
Artinya
penerimaan yang cermat dari isi stimulus seperti yang dimaksud oleh komunikator.Kegagalan
menerima isi pesan secara cermat di sebut kegagalan komunikasi primer.Untuk
menghindari hal itu kita perlu memahami paling tidak psikologi pesan dan
b.
Kesenangan
Tidak semua
komunikasi diajukan untuk menyampaikan informasi dan membentuk
pengertian.Komunikasi itu hanya dilakukan untuk mengupayakan agar orang lain
merasa apa yang di sebut analisis transaksional “ Saya oke - kamu oke “Komunikasi ini lazim disebut
komunikasi fatis yang dimaksudkan untuk menimbulkan kesenangan.
c.
Memengaruhi
Sikap
Paling sering
kita melakukan komunikasi untuk memengaruhi orang lain .Khatib ingin
membangkitkan sikap beragama dan mendorong jamaah untuk beribadah.itu adalah
komunikasi persuasif.Komunikasi persuasif itu memerlukan pemahaman tentang
faktor – faktor pada diri komunikator dan pesan yang menimbulkan efek pada
komunikate.
d.
Hubungan
Sosial yang baik
Manusia adalah
maklhuk sosial yang tidak tahan hidup sendiri.Kita ingin berhubungan dengan
orang lain secara positif.Kebutuhan sosial adalah kebutuhan untuk menumbuhkan
dan mempertahankan hubungan yang memusatkan dengan orang lain dalam hal
interaksi dan asosiasi,pengendalian dan kekuasaan,dan cinta sebagai kasih sayang.
e.
Tindakan
Menimbulkan tindakan nyata memang
indikator efektivitas yang paling penting.Karena untuk menimbulkan
tindakan,kita harus berhasil lebih dahulu menanamkan pengertian dan membentuk
dan mengubah sikap atau menumbuhkan hubungan yang baik.Tindakan adalah hasil
kumulatif seluruh proses komunikasi.Ini bukan saja memerlukan pemahaman tentnag
seluruh mekanisme psikologi yang terlibat dalam proses komunikasi,tetapi juga
faktor yang mempengaruhi perilaku manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar